Syafa’at Al-Qur’an

Akhlak Nabi Muhammad adalah akhlakul Qur’an. Siapa yang ingin mengenal beliau, maka dekati, pelajari, fahami, hayati, tadzaburi, dan amalkan isi Al Qur’an. Sungguh Al Qur’an itu mulia dan memberi kemuliaan di dunia dan akhirat kepada manusia yang bersahabat dengannya.
.
Salah satu amalan baik yang dapat dilakukan adalah selalu membaca Al Qur’an walau hanya 1 ayat saat memasuki masjid atau mushala. Ayat Alqur’an ini akan menjadi saksi di hadapan Allah di hari kiamat kelak.
.
Allah tidak melarang perbedaan pendapat, tapi Allah melarang berpecah-belah. Jangan sampai karena perbedaan politik dan pilihan menjadikan permusuhan.
.
Perbedaan adalah hal yang wajar, karena tidak semua orang satu otak, satu pemahaman, satu hati, masing-masing mempunyai keinginan. Kita berhak memilih tetapi tidak berhak menyalahkan orang lain.
.
Jangan sampai di antara kita terjadi perpecahan dan kehilangan nikmat aman di Indonesia. Indonesia mempunyai 714 suku dan mampu bersatu dibawah bendera merah putih. Hal ini bukan kelebihan kita, melainkan karunia Allah.
.
Dalam beragama, perbedaan pemahaman, fiqih, aliran, guru adalah hal wajar. Jangan saling menyesatkan, membid’ahkan, mengkafirkan, dan menuduh calon penghuni neraka. Karena semua muslim sepakat sumber utama islam adalah Al Qur’an yang sama.
.
Amalan baik yang dapat diterapkan dalam keseharian :
.
1. Ketika membaca Al Fatihah dalam shalat, rasakan dan maknai kalimat Ihdinash Shirathal Mustaqim, bahwa kita sungguh-sungguh memohon jalan yang lurus, mohon dimampukan hidup dan wafat dalam keadaan bahagia.
.
2. Jangan lewatkan satu hari pun tanpa membaca Alqur’an. Jika belum mampu, dengar dan simaklah murotal Al Qur’an.

3. Sedekah subuh sambil berdoa untuk kemudahan urusan.

4. Jangan melewatkan shalat witir.

5. Rutin membaca surat As Sajdah dan Al Mulk sebelum tidur.

 

Oleh Syeikh Ali Jaber

Tinggalkan Balasan