Solusi Menata Hati

Jangan Terlena Dengan Kenikmatan Dunia Yang Semu
15 Februari 2019
Pintu-pintu Rizqi
27 Februari 2019

Solusi Menata Hati

Makna illah ialah “yang dituruti”. Saat kita memilih menuruti hawa nafsu, maka saat itu kita telah ber-illah pada hawa nafsu. Akibatnya, Allah dapat membiarkannya tetap dalam kesesatan.
.
“Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?” (QS. Al-Jāthiyah : 23)
.
Solusinya adalah tahan dan lawan dengan perbuatan yang berlawanan agar hawa nafsu terlatih untuk tak dituruti. Akar dari setiap masalah adalah ketidakpatuhan kita kepada Allah. Namun, apa yang terjadi di masa lalu dapat kita ubah dampaknya dengan berbuat kebaikan. Hikmahnya, setiap musibah adalah obat bagi dosa-dosa yang belum ditaubati (menggugurkan dosa). Adapun ujian adalah peninggi derajat agar pondasi kehidupannya kokoh dan kuat.
.
Selain sebagai pelajaran, sesungguhnya setiap kejadian dan orang yang kita temui adalah cermin diri kita. Misalnya, jika kita bertemu orang menyebalkan, bisa jadi dia berbuat seperti itu karena kita juga menyebalkan.
.
Perihal menikah, bukan sekedar untuk bahagia, dibahagiakan, atau diperhatikan. Sebab pernikahan adalah jalan dan bertujuan untuk mendekat pada Allah.
.
Dalam memilih pasangan yang baik, pilihlah yang bertaqwa, dengan ciri sebagaimana QS. Al-Baqarah ayat 1-5.
.
– Senantiasa meningkatkan standard keimanan
– Mendirikan shalat
– Senang berinfaq
– Berorientasi akhirat
– Berinteraksi dengan baik terhadap Al-Qur’an

 

Oleh Ustadz Usep Badruzzaman

Comments are closed.

Translate »
WhatsApp us
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram