Ramadhan Peduli Kemanusiaan
23 Mei 2019
Meramu Pertolongan Allah
20 Juni 2019
Show all

Ramadhan, Momentum Menjadi Muslim Kaffah

Ilmu itu cahaya, fungsinya adalah menerangi kegelapan. Kita bisa berjalan di malam hari tanpa menabrak, tersandung, bisa membedakan kayu dan ular karena cahaya. Seperti itulah ilmu bagi muslim. Orang yang tidak berilmu tidak akan mengenal Allah. Yang tidak mengenal Allah maka tidak akan mengerti agama, sehingga yang haram dan halal menjadi kabur. Hidup tidak ada tujuan dan tidak pakai aturan.
.
Kaffah artinya menyeluruh, komprehensif. Bagaimana kita bisa mempraktekkan islam secara menyeluruh? Semua yang ada di Al-Quran adalah kebenaran, dan Rasulullah ﷺ adalah sebaik-baiknya contoh islam secara kaffah. Dalam mencari jodoh, Al-Quran telah mengaturnya, bahwa yang baik akan bertemu yang baik.
.
Setelah menikah, Rasul adalah contoh terbaik dalam mengarungi rumah tangga. Sebagai Ayah, kita bisa mencontoh Rasul yang sukses membina putra-putrinya. Punya cucu pun, kita bisa melihat Rasul ﷺ sebagai contoh kakek yang baik.
.
Cara selanjutnya adalah memaksimalkan Ramadhan ini. Siapa yang disulitkan Allah beramal saat Ramadhan, akan lebih sulit lagi beramal di luar bulan Ramadhan nanti.
Bulan Ramadhan dikenal sebagai Syahrul Quran, karena Al-Quran lahir pada bulan ini. Al-Quran turun sebagai petunjuk dan pembeda. Untuk mengetahuinya, berarti kita harus mau mempelajari bahasa Arab. Sabda Rasul, Bahasa Arab adalah Miftah (kunci). Jika kita sudah punya kuncinya, kita bisa membuka banyak hal.
.
Bulan Ramadhan juga disebut Syahrul Tarbiyah atau Bulan Pendidikan. Kita dididik Allah dan yang lulus akan menjadi Muttaqin, orang yang bertaqwa. Hal apa saja yang dididik?
.
1. Tarbiyah Ruhiyah (Rohani)
Ada satu pohon yang tinggi dan kokoh, yang disamakan sebagai seorang mukmin, yaitu pohon kurma. Supaya pohon tumbuh tinggi, kita butuh pupuk dan menjauhkannya dari hama. Jauhi hal-hal yang dapat merusak amal puasa. Jaga lisan dan tinggalkan riya
.
2. Tarbiyah Akhlak
Termasuk tidak mencari-cari kesalahan orang lain. Penuhi hak sesama muslim dan saling menjaga aib sesamanya.

3) Tarbiyah Hawa Nafsu
Lebih dari sekedar lapar dan haus. Kita disuruh bersabar meninggalkan amarah dan istri kita selama berpuasa.

Oleh Ustadz Abdul Karim

Comments are closed.

Translate »
WhatsApp us
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram