Perjalanan Hidup Manusia dari Awal sampai Akhir

Memahami Tujuan Hidup Kita
16 Januari 2019
Banjir Bandang Menerjang Gowa dan Makassar
25 Januari 2019

Perjalanan Hidup Manusia dari Awal sampai Akhir

Salah satu dari tanda rukun iman yaitu yakin, beriman dengan hari kiamat. Bagian dari beriman dengan hari kiamat adalah dengan tanda-tanda yang ada di dalamnya. Siapa yang tidak percaya dengan hari kiamat berarti tidak beriman kepada Allah SWT.

Hidup di akhir zaman penuh dengan fitnah, maka dari itu kita harus meningkatkan iman dan amal sholeh.  Kata Imam Al Hasan Al Bashry,  Manusia itu kumpulan dari waktu ke waktu. Bukan dari daging bukan dari darah tapi akan kembali menjadi tanah. Dari sebelum ada di dunia sampai mereka ada di dunia dan sampai mereka tidak ada lagi di dunia.

Di dunia pun Imam Al Hasan Al Bashry membagi tiga golongan :

  1. Golongan orang-orang yang celaka yaitu orang-orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin. Dan hari esok lebih buruk dari hari ini.
  2. Golongan orang-orang yang merugi yaitu orang yang hari ini masih sama dengan hari kemarin. Dan hari esok masih saja sama dengan hari ini.
  3. Golongan orang-orang yang beruntung yaitu orang-orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin. Dan hari esok jauh lebih baik dari hari ini.

# Perjalanan Hidup Manusia #

  • Manusia sesungguhnya berasal dari alam ruh. Di alam ruh semua berasal, berkumpul bersama. Sejak nabi Adam as diciptakan, seluruh manusia juga sudah diciptakan. Sehingga manusia sampai akhir zaman, sampai hari kiamat sudah diciptakan, tinggal giliran siapa yang akan dikeluarkan oleh Allah sesuai zamannya. Dan kita ditakdirkan oleh Allah dikeluarkan dari alam ruh di akhir zaman mengikuti nabi terakhir yaitu Rasulullah, Muhammad SAW.
  • Dari alam ruh kemudian manusia akan dipindah ke alam rahim. Waktu di alam ruh semua manusia ditanya , ada di QS. Al-Baqarah : 172. Allah bertanya “ Apakah Aku ini Tuhanmu ?” kata Allah. Dan semua ruh menjawab “ Benar Ya Allah, Engkau Tuhan kami. Kami bersaksi atas apa yang kami ucapkan.” Dan ini menunjukkan bahwa manusia semua Tuhannya Allah, meskipun manusia itu lahir di keluarga yang non muslim.

Semua Tuhannya manusia hanya Allah. Supaya nanti di hari kiamat mereka tidak ada manusia yang mengatakan Engkau bukan Tuhanku, karena mereka sudah bersaksi ketika di alam ruh.

  • Di alam rahim pada saat umur 4 bulan , di tiuplah ruh. Dan apabila ada seseorang yang keguguran, janin yg umurnya masih dibawah 4 bulan boleh dikubur di mana saja karena belum menjadi bayi. Tapi ketika sudah ada 4 bulan, disunnahkan untuk dibersihkan, dikafani, dan dikuburkan di pemakaman muslim.

Ketika di dalam rahim sudah 4 bulan ditiupkan ruh, saat ditiup ruh sudah otomatis diberikan ditetapkan rezekinya, jodohnya, umurnya dan nasibnya. Inilah ketetapan dari Allah. Kita hanya perlu berikhtiar, berusaha karena semua manusia tidak tau tentang ketetapannya.

Yakin 100% apa yang ditetapkan oleh Allah, sudah termasuk orang beriman dan hidup kita akan selalu tenang.

  • Setelah di rahim kemudian manusia akan di pindah di alam dunia.
  • Setelah di alam dunia, akan di pindah di alam kubur, alam barzah. Dan kematian hanya terjadi di alam dunia.
  • Setelah di alam kubur nanti akan di pindah lagi ke alam mahsyar, di padang mahsyar. Alam yang ada di hari kiamat lalu Allah akan pindahkan kita ke alam akhirat.

Alam akhirat ada 2 yaitu surga dan neraka. Berapa lama kita ada di alam kubur ? Kita di alam kubur sampai hari kiamat. Berapa lama kita berada di padang mahsyar  ? Kita di padang mahsyar selama 50.000 tahun. Berapa lama kita di akhirat ? kita kekal di akhirat. 1 hari di akhirat = 1000 tahun di dunia.

Perjalanan hidup kita manusia hanya berpindah alam.  Hidup di dunia hanya sebentar, mari kita bermuhasabah diri agar senantiasa lebih memilih mengejar akhirat yang lebih kekal daripada memilih mengejar dunia yang sifatnya hanya sementara.

 

Oleh Ustadz Farid Prianggono

Comments are closed.

Translate »
WhatsApp us
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram