Amazing Ramadhan
14 Mei 2019
Ramadhan Peduli Kemanusiaan
23 Mei 2019
Show all

Maksimal di Bulan Ramadhan

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberi-nya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (Ath-Thalaq: 2-3).
.
Allah tidak mau tahu asal-usul mu darimana, warga negara apa, sejatinya Allah hanya melihat dari ketakwaan seorang hamba.
.
Di bulan Ramadhan ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain
1. Tunjukkan kepada Allah yang terbaik.
2. Tunjukkan kebahagiaanmu menyambut bulan Ramadhan.
3. Tunjukkan kebahagiaanmu dalam menikmati suasana Ramadhan.
4. Tunjukkanlah kepada Allah bagaimana kita berupaya menjadi lebih baik, karena nasib kita tidak akan berubah apabila kita tidak menjadi lebih baik.
.
Ramadhan menjadi kesempatan kita untuk berubah
– Menjadi orang yang terampuni dosanya,
– Bersemangat dalam mencari ridha Allah SWT
– Dermawan akhlak, ucapan, perbuatan, dan sikapnya.
.
Ramadhan sudah berjalan 1/3 bulan, tidak terasa Ramadhan berlalu begitu cepat. Setiap Ramadhan yang akan datang akan semakin lebih cepat, karena itu adalah tanda-tanda Akhir Zaman.
.
4 hal yang akan ditanyakan di Hari Kiamat
1. Umurnya dihabiskan untuk apa?
2. Masa mudanya dihabiskan untuk apa?
3. Ilmunya diamalkan atau tidak?
4. Hartanya dari mana dia peroleh dan kemana dia habiskan?
.
Masa muda bagian dari umur, tetapi mengapa ditanyakan lagi? Karena usia muda lebih besar pertanggungjawabannya dihadapan Allah. Pemuda godaannya berat dan banyak, mulai dari hawa nafsunya, lingkungannya, harapannya, cita-citanya. Ketika pemuda memilih taat, maka Allah angkat derajatnya dan pemuda tersebut lebih mulia di sisi Allah.
.
Banyak orang salah dalam mengartikan i’tikaf dan banyak orang yang beri’tikaf tidak mendapat perubahan. I’tikaf bukan untuk tidur atau main HP. I’tikaf bukan untuk urus dunia tetapi kosongkan tengkukmu menjadi murni Lillahitaala dari segala aktifitas dan fokus hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

Hp/Gadget adalah alat yang bisa mengantarkan kita ke surga, atau bisa menjerumuskan kita ke neraka. Apa yang kita isi dan cari di gadget akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Mungkin besok bisa dihapus, tetapi di sisi Allah tidak terhapus. Jangan sampai HP/Gadgetmu menjadi dosa jariyah dari dirimu dan jangan sampai menghalangi dalam mencari keridhaan Allah.

Oleh Syeikh Ali Jaber

Comments are closed.

Translate »
WhatsApp us
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram