Keutamaan Silaturahim

Mentadabburi Ayat-ayat Qur’an
1 September 2018
Rahasia Sukses Bos Warunk Upnormal
26 Oktober 2018

Keutamaan Silaturahim

عن أبي هريرة رضي الله عنه, قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وأن يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ)) أخرجه البخاري

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Siapa yang ingin dilapangkan rezkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia bersilaturahim” (Dikeluarkan oleh Bukhari).

Pelajaran Hadits:

Hadits ini mengandung anjuran untuk menyambung silaturrahim. Dalam hadits ini dikabarkan pula bahwa silaturrahim dapat mendatangkan keluasan rezki dan menambah umur bagi yang melakukannya. Hadits ini tentu saja tidak bertentangan dengan firman Allah Ta’ala dalam surah al-A’raf ayat 34. Karena pertambahan yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah kinayah (kiasan) dari berkah pada umur dengan banyaknya ketaatan serta memanfaatkan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat di akhirat dan meninggalkan kenangan baik setelah meninggal.

Sebagian ulama berkata; penambahan yang dimaksud adalah hakiki. Hal ini bila dilihat dari sisi ilmu/pengetahuan Malaikat yang ditugaskan mencatat umur manusia semetara dalam ayat yang dimakud adalah umur manusia dalam ilmu Allah Ta’ala yang tidak dapat dimajukan dan diakhirkan. Sementara menurut Ibnul Qayyim, makna penambahan umur dalam hadits tersebut adalah karunia berupa taufiq melakukan dzikrullah dan sibuk dengan ibadah. Namun yang paling tepat adalah membawa makna hadits ini pada makna hakiki. Karena Allah telah mentakdirkan sebab dan penyebabnya. Sehingga jika Dia mentakdirkan memanjangkan umur manusia, maka Dia juga menyediakan untuknya berbagai sebab maknawaiyah maupun hissiyah sebagai faktor memperpanjang umurnya, sebagaimana dikatakan oleh sebagian ulama yang lain.

(Diterjemahkan oleh Syamsuddin Al-Munawiy dari Kitab Tuhfatul Kiram Syarh Bulughil Maram, Kitabul Jami’ Bab Al-Birr was-Shilah, halaman: 591-592, karya Syekh. DR. Muhammad Luqman As-Salafi hafidzahullah, terbitan Darud Da’i Lin Nasyri Wat Tauzi’ Riyadh Bekerjasama dengan Pusat Studi Islam Al-Allamah Ibn Baz India)

Sumber dari: http://wahdah.or.id

Comments are closed.

Translate »
WhatsApp us
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram