You are currently viewing KEUTAMAAN SEDEKAH DIHARI JUM’AT

KEUTAMAAN SEDEKAH DIHARI JUM’AT

Bagi umat Muslim, hari Jumat dianggap sebagai hari yang paling mulia. Bahkan bersedekah di hari Jumat diungkapkan ustaz Khalid Basalamah memiliki enam keutamaan ini.
Banyak sekali orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan terutama di hari Jumat. Jika kamu pernah melihat banyak orang yang berbagi makanan dengan istilah Jumat Berkah, hal ini menjadi salah satu kegiatan baik yang kini tengah banyak dilakukan orang.
Bersedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik melalui memberikan infaq berupa uang, memberikan makanan kepada orang atau bahkan hanya melemparkan senyum saja sudah dianggap sebagai sedekah.

Dianggap sebagai hari yang paling baik, bersedekah di hari Jumat ternyata menjadi amalan yang dikatakan sangat spesial. Ustaz khalid Basalamah juga menyampaikan tentang keutamaan bersedekah di hari Jumat.

“Kemudian di hari Jumat, apapun yang bapak dan ibu keluarkan dalam bentuk sodaqoh itu paling besar pahalanya. Apapun yang kita keluarkan di hari Jumat, baik itu makanan, minuman, membantu membersihkan rumah saudara yang kebanjiran, apapun yang kita lakukan termasuk hadir di majelis,” kata Ustaz Khalid Basalamah melalui unggahan pada channel YouTube Khalid Basalamah Official.

Ustaz Khalid Basalamah juga menyampaikan keutamaan bersedekah di hari Jumat ini bahkan telah dijelaskan secara langsung dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Shaybah. Bersedekah di hari Jumat bahkan dikatakan akan diganjar dengan pahala yang berlipatganda.

“Sodaqoh itu akan dilipatgandakan di hari Jumat dan makna sodaqoh adalah semua tidak terkecuali,” Hadits Riwayat Ibnu Abi Shaybah.
Jika dijabarkan secara terperinci, ada enam keutamaan yang bisa didapatkan dari bersedekah, terutama berbagi makanan di hari Jumat:

1. Pahala Berlipat
Mengingat hari Jumat dikatakan sebagai hari terbaik, maka banyak ulama yang mengatakan semua pahala dan ganjaran akan dilipatgandakan di hari Jumat. Hal ini juga termasuk bersedekah di hari Jumat yang pahalanya akan dilipatgandakan.
Allah SWT akan menambahkan rezeki bagi siapa saja yang ingin bersedekah. Bahkan Rasulullah SAW bersabda, “Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan.”

2. Memudahkan Rezeki
Sedekah di hari Jumat niscaya akan memberikan pertolongan yang tidak akan pernah bisa diduga. Tidak akan membuat seseorang jatuh miskin, bersedekah justru dikatakan mampu mendatangkan rezeki yang lebih banyak lagi.
“Barangsiapa yang bersedekah dengan senilai satu butir kurma dari hasil usaha yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerima dengan tangan kananNya. Kemudian Allah SWT mengembakbiakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah. Seperti salh satu diantara kalian mengambakbiakkan anak kudanya sehingga semakin banyak sampai seperti gunung,” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

3. Keistimewaan
Sedekah pada hari Jumat dikatakan jauh lebih mulia dibandingkan dengan hari lain. Bahkan perbandingan sedekah di hari Jumat diibaratkan seperti sedekah di bulan Ramadhan dengan sedekah di bulan yang lain.
“Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lainnya adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan dengan sedekah di bulan-bulan lainnya,” kata Ibnu Qayyim.

4. Membawa Keberkahan
Banyak sekali perilaku yang dikatakan dapat dianggap sebagai sedekah. Misalnya seperti membantu mengangkatkan barang, mendamaikan dua orang yang berselisih bahkan hingga sekadar mengucapkan kalimat baik juga dihitung sebagai sedekah.
“Setiap persendian manusia wajib disedekahi, setiap hari yang padanya matahari terbit…” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

5. Memperkuat Keimanan
Ibadah merupakan sebuah bentuk pengabdian seorang hamba kepada Allah SWT. Termasuk bersedekah dengan memberikan makanan kepada orang lain di hari Jumat.
Bersedekah dengan niat beribadah di hari Jumat dikatakan akan semakin menumpuk keimanan seseorang kepada Allah SWT. Bersedekah di hari Jumat dengan niat beribadah karena Allah SWT juga dikatakan akan mempertebal ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

6. Mengikat Tali Silaturahmi
Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya manusia yang satu dengan manusia yang lainnya saling membantu. Memberikan sedekah kepada mereka yang membutuhkan merupakan suatu praktik kehidupan bersosial yang sangat mulia.
Kesulitan tidak bisa diprediksikan kapan akan datang dan melanda. Bersedekah, terutama di hari Jumat dikatakan akan mampu menambah keluarga baru, kerabat baru dan bahkan hingga teman baru yang mungkin akan dibutuhkan kelak.