Akhlak Mulia & Berkata Baik : Salah Satu Amalan Berpahala Besar
18 Juli 2019
Ketika Rezeki Mencintai Kita
27 Juli 2019
Show all

Dermawan Menawan

Harta itu, sedikit atau banyak tetap menjadi ujian bagi kita. Mau atau tidak kita mengeluarkan sedekah, ketika lapang ataupun sempit. Semua yang ada sejatinya hanya titipan yang bisa menjadi ladang pahala atau malah melalaikan kita.
.
Allah akan menempelkan cinta untuk kita dari manusia lain maupun makhlukNya yg lain, jika kita suka berderma. Ada beberapa kisah yang membuktikan hal tersebut.
.
Suatu masa, pada kemarau yang panjang, seorang pemuda mendengar awan berbicara bahwa dia akan menurunkan hujan di kebun milik Fulan padahal masa itu adalah kemarau yang panjang. Ternyata karena si Fulan tersebut membagi hasil kebunnya menjadi tiga; untuk dikembalikan pada kebun itu, untuk diri dan keluarganya, dan untuk jalan Allah (pendidikan, sedekah, yatim piatu, dll)
.
Pada Zaman Nabi Isa AS, ada seorang yang terkenal tidak baik sehingga desanya terganggu. Orang desa meminta Nabi Isa untuk berdoa supaya orang tsb mendapat pelajaran. Allah mengirimkan ular besar ke dalam tas nya untuk menggigit, tapi diselamatkan rantai besi yang tidak kalah besar yang ada karena sedekah orang itu.
.
Pada Zaman Rasul ﷺ, Ali bin Abi Thalib menyedekahkan uang terakhirnya untuk peminta-minta yang ditemuinya di jalan. Pada saat perjalanan ke rumah Nabi ﷺ, ada orang miskin yang berusaha menjual unta miliknya seharga 300 dinar. Ali berniat membantunya dengan membelinya dan dibayar kapan-kapan. Saat melanjutkan perjalanan, untanya dibeli oleh orang lain seharga 700 dinar. Sabda Rasul, orang pertama tadi adalah Jibril, dan yang kedua adalah Mikail. Malaikat yang dikirim Allah untuk membalas kebaikan Ali.
.
Keadilan Allah itu diibaratkan traffic light. Kadang kita di posisi jalan lancar (hijau), tersendat pelan (kuning), atau malah berhenti sama sekali (merah). Apapun keadaannya, wajib kita bersyukur dan berpasrah pada Allah. Sebab jika memaksakan jalan ketika lampu merah, yang terjadi adalah kekacauan. Perhatikan pula bahwa yang boleh melintas ketika merah hanya misal ambulance, pemadam kebakaran, dll. Ini berati hanya mereka yg membawa kepentingan orang lain yang lebih besar yang boleh lewat.

Maka, jika ingin dilancarkan Allah, bawalah juga orang lain. Keluarkan sedekah untuk mereka. Sejatinya sedekah menguntungkan orang yang mengeluarkannya, lebih besar dari orang yg mendapatkannya.

Oleh Ustadz Riyadh Ahmad

Comments are closed.

Translate »
WhatsApp us
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram