Dahsyatnya Surat Yasin

Testimoni Kemuliaan Al Qur’an
30 April 2018
Kebangkitan Rumah Tahfidz
15 Mei 2018

Dahsyatnya Surat Yasin

Usai shalat berjamaah bersama keluarga di mushalla kecil disamping rumah, kami bacakan Himpunan Kitab “Fadhilah A’mal” karya Maulana Muhamamd Zakariyya al Kandahlawi. Saat sampai dihalaman 59 membuat saya merinding dan bersemangat, jamaah yang terdiri dari istri, anak, Ibu mertua dan jamaah lainnya pun sontak mengucap “Subhanallah.. Allahu Akbar..” mendengar keterangan ini.

Saya tuliskan ini untuk menjadi penyemangat kita bersama tentang Fadhillah Al-Qur’an yaitu surat Yasin.

عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِى رَبَاحٍ قَالَ بَلَغَنِى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ :    « مَنْ قَرَأَ يس فِى صَدْرِ النَّهَارِ قُضِيَتْ حَوَائِجُهُ

Dari Atha bin Abi Rabah, ia berkata, “Telah sampai padaku bahwa Rasulullah SAW, bersabda, ‘Barangsiapa membaca surat Yasin pada permulaan hari, niscaya akan dipenuhi segala hajatnya (pada hari itu).” (HR. Darami).

Banyak riwayat yang menjelaskan tentang fadhilah surat Yasin. Salah satunya menyebutkan bahwa segala sesuatu itu mempunyai hati, dan hati Al-Qur’an adalah surat Yasin.

Barangsiapa membaca surat Yasin satu kali, maka Allah mencatat baginya pahala sepuluh kali membaca Al-Qur’an. Tentu kami sontak mengucap “Subhanallah…” ternyata membaca surat Yasin diganjar Allah pahala 10 kali baca Al-Qur’an.. “Allahu Akbar…” Siapa yang nggak mau…?

Riwayat lain menerangkan bahwa Allah telah membacakan surat Thaha dan surat Yasin seribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi. Ketika para malaikat mendengar hal itu, mereka berkata, “Alangkah berbahagia umat yang kepada mereka Allah turunkan Al-Qur’an. Alangkah berbahagia orang-orang yang memasukkan Al-Qur’an ke dalam hati mereka (menghafalnya). Dan alangkah berbahagia mereka yang membaca Al-Qur’an dengan lidah semata-mata demi keredhaan Allah, Allah akan mengampuni dosa-dosa mereka yang telah lalu. Oleh sebab itu jadikanlah ia bacaan bagi orang-orang mati.”

Rasulullah SAW bersabda, “Hatiku ingin surat Yasin berada di dalam hati setiap umatku.” Sabda beliau lainnya, “Barangsiapa selalu membaca surat Yasin setiap malam, kemudian meninggal dunia, maka ia mati syahid.”

Hadits lain menyebutkan, “Barangsiapa membaca surat Yasin, maka diampuni dosanya; barangsiapa membacanya ketika lapar, akan dihilangkan kelaparannya, barangsiapa membacanya ketika sesat dijalan, ia akan kembali menemukan jalannya; barangsiapa membacanya kerena kehilangan hewannya, ia akan mendapatkannya kembali; dan barangsiapa membacanya karena takut kekurangan makanan, maka akan dicukupkannya. Jika dibacakan kepada orang yang akan meningggal dunia akan diumudahkan kematiannya; dan jika dibacakan pada wanita yang sulit melahirkan, maka akan dimudahkan baginya.”

Muqri ra. berkata, “Jika surat Yasin dibaca karena takut kepada raja atau musuh, maka akan dihilangkan rasa takutnya.” Sabda beliau lainnya, “Barangsiapa yang membaca surat Yasin dan As Shaffat pada hari Jum’at, lalu ia berdoa untuk semua hajat, maka akan dipenuhi hajatnya.”

(Kebanyakan hadits-hadits ini diambil dari Mazhaahirul Haq walaupun sebagian ulama mempermasalahkan tentang keshahihannya).

Bagaimanapun kedudukan hadits dan keterangan ini tentu membaca Al-Qur’an adalah ibadah dan kita hanya mengharap keridhaan Allah Yang Maha Bijaksana.

Saran: Yuk kita baca surat Yasin setiap hari..

oleh : Ust. Anwar Sani

Sumber: yusuf mansur.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »
WhatsApp us
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram