Tanda Diterimanya Amal Sholih
3 Januari 2019
Menggapai Ridho Allah SWT
9 Januari 2019
Show all

Ciri-ciri Orang Bertaqwa

Ciri-ciri Orang Bertaqwa :

1. Takut kepada Allah (khauf min ar-rabb al-jalil)
.
“Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak terlihat oleh mereka, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Mulk: 12)
.
2. Ridha terhadap yang sedikit (ar-ridha bi al-qalil)
.
“Alhamdulillah, suami saya gajinya 100juta…”
Kalau itu mah ga usah ditanya. Jika kita ga pernah ridha dengan yang sedikit, maka kita tidak akan pernah ridha dengan yang banyak.
.
“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)
.
3. Mengamalkan apa yang Allah turunkan (al amal bi at tanzil)
.
Ga boleh pilih-pilih, jangan kayak di restoran padang. Sholat iya, puasa enggak. Puasa iya, hijab enggak. Ga bisa, semuanya harus diambil.
.
“Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 208)
.
4. Bersiap menghadapi kematian (istidad li yaumi ar rahil)
.
Dulu saat kita sekolah, bu guru bilang waktunya pulang kita akan teriak “hore…”. Begitu juga seharusnya kalau Allah sudah bilang pulang kepada kita, harusnya kita senang. Kalau ga senang, berarti kita belum bawa bekal yang cukup. Ayo bersegera mengumpulkan bekal untuk pulang.
.
“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat)…” (QS. Al-Hasyr: 18)
.
3 Pesan Utama dari Ustadz :
1. Apapun yang dilakukan harus 100%
2. Segera Lakukan Perubahan
3. Jadi Orang Yang Bertaqwa
.
“Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,” (QS. Ali ‘Imran: 133)

 

Oleh Ustadz Fatih Karim

Comments are closed.

Translate ยป
WhatsApp us
Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram